AKHMAD MUSTAPA AKHMAD MUSTAPA AKHMAD MUSTAPA AKHMAD MUSTAPA AKHMAD MUSTAPA AKHMAD MUSTAPA AKHMAD MUSTAPA

Jumat, 15 April 2011

Komponen Utama Komputer

1.        Prosesor
merupakan otak dan pusat pengendali komputer yang terhubung ke komponen lain sehingga dapat bekerja satu dengan yang lainnya. Prosesor adalah cip yang sering disebut mikroprosesor. Ukuran prosesor adalah Mega Hertz (MHz), yaitu hitungan kecepatan dalam mengolah data/informasi. Semakin besar MHz pada prosesor, maka semakin cepat proses pengolahan dan pengaksesan data/informasi.

2.        Motherboard
adalah papan induk dimana komponen-komponen komputer di tancapkan dan saling berhubungan. Pada motherboard terpasang beberapa komponenseprti tempat/duduk untuk prosesor baik yang slot maupun soccet.

3.        Memory
merupakan media untuk menyimpan data/informasi. Semakin besar memori yang disediakan ,semakin banyak data/informasi yang dapat ditampung.

4.        Card(kartu)
adalah suatu rangkaian elektronik yang berbentuk seperti kartu yang digunakan sebagai media penghubung dengan peralatan atuau komponen lain pada motherboard seperti VGA Card, Internal Modem,MPEG Card Sound Card dan sebagainya.

5.        Media Penyimpanan
berfungsi untuk menyimpan data atau informasi dan mempunyai sifat penyimpanan data atau informasi secara permanen atau tetap. Contohnya Hard Disk dan Floppy Disk.

6.        Optikal Disk
perangkat ini digunakan untuk memutar pirinagn CD. Kecepatan pembacaan bermacam-macam mulai dari 4x, 8x, 24x, sampai dengan 52x.jenis optical disk seperti CD ROM Drive, CD DW Drive.DVD ROM Drive, DVD RW Drive, Blue Ray Drive.

7.        Power Supply
Berfungsi untuk menyalurkan listrik keperalatan kompoter yang ada di dalam casing, seperti Power supply jenis AT daan Power supply jenis ATX.

8.        Casing
berfungsi untukmenempatkan peralatan atau komponen kompoter seperti motherboard, card/kartu, power supply, floppy disk,hard disk dan sebagainya. Di dalam Casing terdapatcase indikator, yaitu LED HDD(lampu indikasi hard disk), LED Power On(lampu indikasi power), tombol reset, speaker, key lock dan sebagainya.

9.        Monitor
atau sering kita sebut layar tampilan komputer,istilah monitor biasanya digambarkan pada sebuah kotak layar yang dapat menampilakn sesuatu dari komputer. Selain itu pula istilah monitor terkadang digambarkan u tuk menilai kemampuan grafis.

10.     Keyboard
merupakan media yang digunakan untuk meinginputkan data atau untuk melakukan perintah tertentu denagn menggunakan gabungan tobmbol-tombol yang ada di atasnya.

11.     Mouse
merupakan media yang digunakan untuk melakukan perintah tertentu dan untuk memindahkan posisi titik sisip pointer. Dengan menggunakan mouse akan lebih mudah untuk meeksekusi perintah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar