AKHMAD MUSTAPA AKHMAD MUSTAPA AKHMAD MUSTAPA AKHMAD MUSTAPA AKHMAD MUSTAPA AKHMAD MUSTAPA AKHMAD MUSTAPA

Kamis, 04 Agustus 2011

TRACKBALL

PENGERTIAN TRACKBALL

    Track Ball berasal dari bahasa Inggris yaitu  peranti penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam sebuah alat yang memiliki sensor gerakan. Bola jejak umumnya terdapat pada mouse modern. Bola jejak menyimulasikan pergerakan vertikal tetikus, sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan mouse berulang kali untuk dapat menaikkan atau menurunkan layar.

    Track Ball adalah perangkat penunjuk yang terdiri dari sebuah bola yang diselenggarakan oleh sebuah socket yang mengandung sensor untuk mendeteksi sebuah rotasi bola sekitar dua sumbu-seperti mouse yang terbalik dengan bola menonjol terbuka. Pengguna gulungan bola dengan ibu jari, jari, atau telapak tangan untuk memindahkan kursor.


SEJARAH TRACKBALL DARI AWAL PEMBUATAN SAMPAI SEKARANG

    Trackball besar yang umum pada workstation CAD untuk presisi mudah. Sebelum kedatangan touchpad, trackball kecil yang umum pada komputer portabel, mana mungkin tidak ada ruang meja yang untuk menjalankan mouse. Beberapa klip thumbballs kecil ke sisi keyboard dan memiliki tombol yang tidak terpisahkan dengan fungsi yang sama dengan tombol mouse. trackball ini diciptakan oleh Tom Cranston dan Fred Longstaff sebagai bagian dari sistem DATAR Royal Canadian Angkatan Laut pada tahun 1952, sebelas tahun sebelum mouse diciptakan. Ini pertama trackball menggunakan bola lima-pin bowling Kanada. Trackball pertama di dunia diciptakan oleh Tom Cranston, Fred Longstaff dan Kenyon Taylor bekerja pada proyek DATAR Royal Canadian Angkatan Laut pada tahun 1952. Ia menggunakan bola Kanada standar lima-pin bowling.

    Ketika trackball masih menggunakan desain mekanik (dengan roda 'helikopter' slotted mengganggu seberkas cahaya untuk mengukur rotasi), Trackball memiliki keuntungan berada di kontak dengan tangan pengguna, yang umumnya lebih bersih daripada meja atau MousePad dan tidak tarik serat ke roda helikopter. Penggantian tahun 1990-an dari mouseballs dengan melacak TrackBall optik langsung menempatkan di posisi yang kurang menguntungkan dan memaksa mereka untuk mundur ke ceruk di mana manfaat khas mereka tetap lebih penting. Kebanyakan trackball sekarang memiliki pelacakan optik langsung yang mengikuti titik-titik pada bola.

         Seperti mouse modern, trackball paling sekarang memiliki perangkat tambahan terutama ditujukan untuk bergulir. Beberapa memiliki gulir roda seperti tikus kebanyakan, namun jenis yang paling umum adalah "gulir cincin" yang berputar bola. Kensington SlimBlade Trackball's trek sama bola itu sendiri dalam tiga dimensi untuk bergulir.



1sttrackball1 1sttrackball1

BEBERAPA BENTUK LAIN TRACKBALL PADA MASA SEKARANG (MODERN)

     Mini USB Mini Trackball adalah mouse kecil untuk notebook anda yang menggunakan sistem trackball yang biasa sering kita jumpai di notebook yaitu dengan menggerakan tombol kecil untuk mengarahkan kursor yang ada. Mouse ini juga telah dilengkapi dengan tombol klik kanan dan kiri serta scroll yang biasa kita gunakan. Sedangkan di bagian bawahnya ada tombol kecil unuk membuat fungsi tombol scroll dapat berlari lebih cepat. Keuntungan penggunaan mouse seperti ini adalah kita tidak perlu dipusingkan dengan mencari tempat untuk meletakkan mouse di lain sisi, dengan memegang mouse ini terlalu lama, dijamin jari anda akan pegal.

1sttrackball1 1sttrackball1


tackball.JPG 

·         Track Ball Mouse Numeric Keypad, mouse trackball ini digabungkan dengan 2 fungsi lainnya yaitu terdapat sebuah keypad numeric (angka) dan juga sebuah USB Hub yang terdiri dari 2 buah port USB.
1sttrackball1


BEBERAPA PERUSAHAAN PEMBUAT TRACKBALL

    LOGITECH, merupakan sebuah perusahaan multinasional yang menghasilkan berbagai macam produk periperal dibidang komputer. Perusahaan ini didirikan pada tahun 1981. Bermarkas di Romanel-sur-Morges, Swiss. Perusahaan ini mempekerjakan 8.000 pekerjanya pada tahun 2007. Ada berbagai macam tikus yang Logitech menyediakan untuk semua kelas konsumen. Ada mouse biasa, mouse laser, mouse kecil dan lain-lain. Teknologi canggih dan inovasi adalah fitur terbesar dari tikus dari Logitech.

A4-TECH, Sejak Perusahaan A4-Tech didirikan pada tahun 1987, Visi dan Misi mereka belum berubah. Saat ini A4 Tech merupakan masih menguasai pada spesifikasi produk Personal Computer (PC) dunia. A4 Tech telah meraih banyak penghargaan untuk inovasi teknologi unik mereka. A4 Tech tetap mempertahankan komitmen mereka untuk mengembangkan usahanya, untuk itu dengan disiplin ilmu yang menganut paham "Kemarin fiksi akan menjadi kenyataan Esok Hari". 

2 komentar:

  1. ikannya kelaperan tuuh hahha :D izin copas buat tigas yah .. mkasiih :)

    BalasHapus
  2. ikan'ny lagi puasa,,,hehe
    iya sama2...

    BalasHapus