AKHMAD MUSTAPA AKHMAD MUSTAPA AKHMAD MUSTAPA AKHMAD MUSTAPA AKHMAD MUSTAPA AKHMAD MUSTAPA AKHMAD MUSTAPA

Senin, 02 Januari 2012

KELEBIAHAN DAN KEKURANGAN SISTEM OPERASI WINDOWS

Sistem Operasi Windows 3.1.1
Kelebihan dari sistem operasi ini adalah :
a. Memudahkan komunikasi antar anggota workgroup lainnya
b. Menggunakan sharing printer
c. Memudahkan mengakses file dan program aplikasi yang berada di komputer lain.
d. Administrasi sistem jaringan (network) relative lebih mudah

Sistem Operasi Windows 95
Keunggulan dari sistem operasi ini adalah :
a.        Sangat mudah dan cepat :
·         Setiap saat kita dapat menggunakan seluruh kemampuan Windows 95, yaitu dengan mengklik tombol start untuk menjalankan program aplikasi, membuka dokumen, mencari data dan menggunakan fasilitas lainnya.
·         Pada taskbar Windows 95 ditampilkan seluruh program aplikasi yang sedang anda gunakan, hal ini akan memudahkan  untuk berpindah program aplikasi.
b.        Berbagai fasilitas baru
1.        Dengan sistem 32-bit, Kemampuan pengkodeaan 32-bit dari prosesor seri 80386, 80486, dan 80586 dapat dimanfaatkan secara optimal.
2.        Dilengkapi fasilitas multithreading dan preemptive multitasking : multitasking lebih responsive dan dengan fasilitas ini dapat menjalankan beberapa program aplikasi secara bersama-sama.
3.        Kemampuan memberi nama yang panjang pada file dan folder (maksimal 250 karakter).
4.        Lalu lintas input/output yang lebih cepat yang membuat operasi baca tulis, dan mencetak ke printer menjadi lebih ditingkatkan kecepatannya.
5.        Visual device driver 32-bit yang mengelola sumber daya sistem sehingga memungkinkan lebih dari satu aplikasi dapat mengunakan daya pada saat yang bersamaan.
Securiti secara terpusat : Sistem pengamanan dapat dilakukan secara terpusat pada server.
c.        Fasilitas Bantuan (Help) yang terintegrasi Fasilitas Help apabila pemakai sedang menghadapi kesulitan dalam pengoprasian, program ini lebih luas.

Sistem Operasi Windows 98
Keunggulan dari sistem operasi ini dalah :
a.        Lebih mudah digunakan membuka file, serta banyak tambahan tombol jelajah pada tiap jendela. meningkatkan ukuran bidang kerja. Dan instalasi perangkat keras baru akan lebih mudah karena Windows 98 mendukung Standar Universal serial Bus (USB). Standar ini memungkinkan kita menancapkan perangkat keras baru dan langsung menggunakannya tanpa perlu melakukan restart computer.
b.        Lebih terjamin : memiliki akses ke Windows Update, ekstensi berbasis web untuk Windows 98. Fasilitas pemecahan masalah yang baru dilengkapi perangkat
c.        Lebih cepat : windows dan program yang ada didalamnya dapat dijalankan lebih cepat daripada sebelumnya. Memanfaatkan Windows Tune-Up Wizard, kita dapat secara mudah meningkatkan kecepatan dan efisiensi komputer. Begitu juga dengan fasilitas Power Management dan kita pun dapat menggunakan FAT 32 untuk meningkatkan efisiensi penyimpanan file dan menghemat pemakaian ruang hard disk.
d.        Lebih menghibur : windows 98 dapat mendukung DVD dan digital audio, jadi kita dapat memutar film dan audio digital berkualitas sangat tinggi pada komputer kita dan didukung oleh paket wallpaper, screen saver, icon 3-D, pointer mouse yang unik.

Sistem Operasi Windows 2000
Keunggulan sistem operasi ini adalah :
a.        Dapat mencari dan mengakses informasi yang lebih cepat. Dilengkapi kemudahan pada saat bekerja dengan file, bekerja dengan Web, bekerja dengan komputer lain yang terhubung, dan kemudahaan lainnya. Untuk memudahkan mengelola file dan dokumen, Windows 2000 dilengkapi dengan My Network Places untuk menyimpan semua folder favourites anda pada sistem jaringan, My Documents untuk memudahkan menyimpan dan membuka file pribadi kita, dan lain-lain.
b.        Pengguna dan Network Administrator. Pengguna dapat bekerja dengan lebih efisien karena sebagian besar computer management task telah diotomatiskan. Disertakannya wizard-wizard baru yang akan membantu mengatur konfigurasi perangkat keras.
c.        Windows 2000 menawarkan kelebihan kompatibilitas dengan berbagai jenis sistem jaringan dan dengan berbagai jenis hardware dan software.
d.        dapat mengatur sendiri area kerja, menu dan tool bar Windows 2000 sesuai dengan kebutuhan agar berkesan lebih pribadi.
e.        Windows 2000 menyediakan ratusan driver printer baru. Menunjang percetakan Internet dan telah menggunakan Image Color Management 2.0.
f.         Proses instalasi Windows 2000 akan secara otomatis memperbaiki file yang berbentrokan, memperbaiki proses instalasi yang tidak lengkap, memperbarui komponen yang telah usang, dan lain-lain.
g.        Windows 2000 lebih andal dan aman digunakan karena telah menunjang sistem file NTFS, mendukung teknologi autentikasi yang terbaru, serta untuk mengatur keamanan pada komputer kita.
h.        Untuk mengefisiensikan pemakaian media penyimpanan (hard disk). Windows 2000 menggunakan sistem penyimpanan file FAT 32 dan juga menggunakan penyimpanan file NTFS.

Windows 2000 NT Server
 Kelebihan :
1.        Peningkatan Kapasitas Server untuk melayani lebih Simultan Koneksinnya.
2.        Driver disk yang fault toleran yang mendukung disk mirroring dan disk stripping dengan parity (RAID 1 dan RAID 5)
3.        Bebas dari Kode 16 Bit milik MS-Dos,mendukung operasi 32 bit dan semua Fitur yang ditawarkan oleh Microprosesor        32 bit seperti dapat mengamati memori hingga 4 Gb dan Terproteksi.
4.        Di Desain agar kompatibel dengan Sistem Operasi terdahulu seperti MS-Dos,IBM OS/2.
5.        Peningkatan kemampuan layanan server TCP/IP seperti DHCP,WNS dan DNS.
6.        Tool untuk mengintegrasikan Netware dan memonitoring Jaringan.
7.        Model keamanan berbasis Domain penuh.
8.        Terdapat Layanan untuk Macintosh.
9.        Bisa Membooting jarak jauh untuk client.
10.     Terdapat Network Client Administrator.
Kekurangan :
1.        Browser yang digunakan sebagai sistem dasar pada sistem perangkat bantu administrasi banyak menggunakan Javascript dan Active X, ternyata mengakibatkan proses sangat lambat. Hal yang sama dengan PC yang menggunakan processor 300 MHz AMD dan 128 MB SDRAM serta 100 MHz Bus tidak bisa diharapkan bekerja dengan lancar seperti yang diharapkan.
2.        Pengubahan konfigurasi yang mendasar jarang dapat dilakukan dengan berhasil. Hal ini berlaku untuk nilai default, Format file Log yang bersifat propritary dan juga pilihan default-indeks, yang kesemuanya secara standar selalu harus disimpan pada drive C. Administrator dalam hal ini harus melakukan pekerjaan yang tak perlu, hingga sistem keseluruhan berjalan sebagaimana mestinya, sebelum dapat melakukan perubahan.
3.        Dokumentasi online, yang praktis tidak diperlukan, ketika sistem keamanan tertinggi Active X telah dipilih menyebabkan strategi keamanan yang kurang baik pada IIS.
4.        Dari kasus tersebut diatas, maka dibutuhkan pengubahan konfigurasi yang sangat kompleks untuk ISS Server, yang dapat dikatakan sangat sulit dan merepotkan sekali. Dari pihak administrator berpendapat kegiatan perubahan file Registry adalah pekerjaan yang relatif berat untuk sistem yang menggunakan Windows NT sebagai sistem operasinya.
5.        Kelemahan dalam fitur Multimedia

Windows XP
Keunggulan  :
1.        Aplikasi yang dijalankan pada system Windows XP dapat dijalankan oleh komputer lain melalui internet.
2.        Microsoft Windows XP memiliki stabilitas yang tinggi terhadap sistem yang dimilikinya.
3.        Windows XP dapat digunakan untuk berbagai aplikasi secara real time ke seluruh dunia
4.        Banyak software yang kompatibel
5.        Banyak sotware yang stabil berjalan di operating sistem ini.
6.        Tidak akan ada masalah antara software dan hardware.
Kekurangan  :
1.        Harga lisensinya cukup mahal
2.        Tidak adanya Java Virtual Machine seperti generasi-geerasi windows sebelumnnya
3.        Komunitasnya terlalu sedikit, karena bersifat closed-source
4.        Gampang terkena virus
5.        Sistem yang kurang stabil

Windows Server 2003
Kelebihan:
1.        Pengoperasiannya Mudah: cara menginstall windows server 2003 tidaklah terlalu sulit ,bahkan mungkin dibandingkan dengan dengan windows NT yang sangat rumit.
2.        Cantik Memukau: hal yang pertama yang kita lihat pada OS Windows 2003 standard edition adalah tampilan server yang sangat indah dan mirip windows xp versi pro maupun home edition.
3.        Fungsionalitas dan Skalabilitas Ketakjuban yang kedua terjadi saat OS Windows 2003 ini di restart. Proses rebooting ini terjadi sangat cepat, seakan kita tidak sedang menggunakan OS dengan title server, seakan bekerja pada sebuah mesin desktop ringan, hardware pun terlihat tidak terbebani.
4.        Sangat cocok untuk organisasi/perusahaan besar: didesain untuk kebutuhan harian perusahaan dan merupakan pengganti dari Windows NT4 Server/ Windows 2000 Server. Windows Server 2003 Enterprise Edition : didisain untuk kebutuhan konsumen skala besar, dan merupakan pengganti dari Windows NT4 Server Enterprise Edition/ Windows 2000 Advanced Server. Windows Server 2003 DataCenter Edition : didisain untuk kebutuhan bisnis yang sangat penting dimana skalabilit.
5.        Penggunaan DHCP memudahkan pengurusan sesuatu rangkaian komputer di dalam suatu organisasi yang besar. Konfigurasi DHCP Windows Server 2003 adalah mudah.
Kekurangan :
1.        Windows Server 2003, yang terasa tidak memadai di tengah kemajuan Web 2.0
2.        Kadang jika kita tidak teliti dalam mengginstall,error selalu ditemui
3.        Tidak semua Produk aplikasi ( bahkan buatan Microsoft sendiri ) bisa berjalan diatasnya
4.        Persyaratan hadware yang sangat tinggi
5.        Kemanan yang kurang tangguh
6.        Makin banyak type file yang dibuka dengan berbagai macam aplikasi dan telah terinstall aplikasi sesuai dengan kebutuhan sesuai

Windows Vista
Kelebihan : 
1.        Lebih keren, menarik dan memukau dalam penampilan serta grafis lebih keren
2.        Pengalaman baru menjelajah PC dengan model 3D yang canggih berkat AERO
3.        Lebih aman, mudah dalam akses
4.        Video dapat menjadi wallpaper
5.        Lebih cepat dalam menjalankan program ( bila menggunakan memori besar karena system di vista dimutakhirkan dengan algoritma efisien dalam menjalankan aplikasi)
6.        Mendukung partisi harddisk secara virtualisasi
7.        Banyak feature baru yang tidak ada di XP
8.        Perbaikan dan penambahan feature yang lebih canggih seperti Clear, Confident and Connected
9.        Built-in Support Option yang memberika keleluasaan lebih kepada user
10.     Mode pencarian file yang lebih mudah / live search
11.     Security lebih baik
Kekurangan : 
Kekurangan Windows Vista secara umum adalah :
1.        Membutuhkan virtual memori yang besar, biasanya dapat digunakan pada Komputer dengan spec yang cukup tinggi bila spec Komputer minim akan terasa berat
2.        Ada beberapa aplikasi yang belum support di Vista (gak Compitible)
3.        Biasanya digunakan pada PC dengan spec yang cukup tinggi Kekurangan Windows Vista 64 bit : Makan virtual memory cukup besar, sehingga lebih membebani komputer.
4.        Karena butuh virtual memory cukup besar, maka butuh ram lebih banyak pula.
1.        contoh : game² jman skarang, pasti kbnyakan minimum specnya:
2.        1GB of RAM for XP, 1.5GB for Vista
5.        Banyak / beberapa driver ga compatible, driver XP 32 bit gag bakal bisa jalan di driver vista 64 bit, shingga kmu perlu menginstall ulang driver,, ato malahan perlu download lagi yg versi 64bit.
6.        Beberapa aplikasi grafis 32 bit / yg cuma pake dirrectX 9 ke bawah juga ada yg ga compatible jalan di vista, kcuali udah disertakan .exe 64 bit didalamnya.
7.        Belum dibarengi dengan diluncurkannya software yang secara eksklusif mendukung dan bersinergi dengan feature-feature vista

Windows Server 2008:  
Kelebihan :
1.        Windows Server 2008 dapat beroperasi tanpa tampilan grafis atau graphical user interface (GUI) dengan adanya teknologi powershell.
2.        Pengguna dapat memilih fungsi-fungsi yang dibutuhkannya saja atau menambah fungsi lainnya jika membutuhkan sewaktu-waktu tanpa melakukan instalasi ulang.
3.        Kemampuan virtualisasi bahkan embedded (menyatu) dengan Windows Server 2008.
4.        Windows Server 2008 mampu mengatur besar bandwidth yang dapat dipakai setiap aplikasi maupun komputer yag terhubung ke jaringan.
5.        Windows Server 2008 juga sanggup mengontrol keamanan jaringan dengan fitur Network Access Protection.
6.        Server juga dapat mengatur setiap akses identitas ke jaringan agar aman dan praktis dengan adanya fitur read only domain controller.
7.        Melalui powershell, administrator tetap dapat memantau komputer di jaringan dari jarak jauh.
8.        Lebih aman dalam mengendalikan laju informasi.
9.        Peningkatan Kapasitas Server untuk melayani lebih Simultan Koneksinnya.
10.     Driver disk yang fault toleran yang mendukung disk mirroring dan disk stripping dengan parity (RAID 1 dan RAID 5).
11.     Bebas dari Kode 16 Bit milik MS-Dos,mendukung operasi 32 bit dan semua Fitur yang ditawarkan oleh Microprosesor 32 bit seperti dapat mengamati memori hingga 4 Gb dan Terproteksi.
12.     Di Desain agar kompatibel dengan Sistem Operasi terdahulu seperti MS-Dos,IBM OS/2.
13.     Peningkatan kemampuan layanan server TCP/IP seperti DHCP,WNS dan DNS.
14.     Tool untuk mengintegrasikan Netware dan memonitoring Jaringan.
15.     Model keamanan berbasis Domain penuh.
16.     Terdapat Layanan untuk Macintosh.
17.     Bisa Membooting jarak jauh untuk client.
18.     Terintegrasi Paket Back Office.
19.     Terdapat Network Client Administrator.
20.     Fitur pengendalian yang lebih baik (more control). Yaitu fitur yang dapat membuat perusahaan memegang kontrol yang lebih terhadap server mereka.
Kekurangan :
1.        Browser yang digunakan sebagai sistem dasar pada sistem perangkat bantu administrasi banyak menggunakan Javascript dan Active X, ternyata mengakibatkan proses sangat lambat. Hal yang sama dengan PC yang menggunakan processor 300 MHz AMD dan 128 MB SDRAM serta 100 MHz Bus tidak bisa diharapkan bekerja dengan lancar seperti yang diharapkan.
2.        Pengubahan konfigurasi yang mendasar jarang dapat dilakukan dengan berhasil. Hal ini berlaku untuk nilai default, Format file Log yang bersifat propritary dan juga pilihan default-indeks, yang kesemuanya secara standar selalu harus disimpan pada drive C. Administrator dalam hal ini harus melakukan pekerjaan yang tak perlu, hingga sistem keseluruhan berjalan sebagaimana mestinya, sebelum dapat melakukan perubahan.
3.        Dokumentasi online, yang praktis tidak diperlukan, ketika sistem keamanan tertinggi Active X telah dipilih menyebabkan strategi keamanan yang kurang baik pada IIS.
4.        Dibutuhkan pengubahan konfigurasi yang sangat kompleks untuk ISS Server, yang dapat dikatakan sangat sulit dan merepotkan sekali. Dari pihak administrator berpendapat kegiatan perubahan file Registry adalah pekerjaan yang relatif berat untuk sistem yang menggunakan Windows NT sebagai sistem operasinya.

Windows 7
 Kelebihan :
1.        proses boot/shut down lebih cepat
2.        konsumsi daya CPU, hard disk (HD) dan memori yang dibutuhkan system service lebih sedikit
3.        Mengoptimisasi prefetching baik untuk HD maupun SSD
4.        Tampilan Lebih bagus dari segi 3 demensinya yang menonjol
5.        Fitur sekurity yang benar-benar ketat.
Kekurangan :
1.        Beberapa aplikasi belum bisa beroperasi di Windows 7
2.        Bug pada Windows Player 12
3.        Ada hardware yang bisa langsung dikenali di Vista, tapi tidak di Windows 7
4.        Susah memaksa software yang sebelumnya bisa dipaksakan diinstall di Vista, juga dipasang di Windows 7

1 komentar: